PROSES PENGOLAHAN BUAH KELAPA MENJADI TEPUNG KELAPA DI DESA COT SURUY KABUPATEN ACEH BESAR

PROCESSING OF COCONUT FRUIT INTO COCONUT FLOUR INCOT SURUY VILLAGE, ACEH BESAR DISTRICT

Authors

  • Endiyani Agroindustri, Politeknik Indonesia Venezuela Author
  • Mulla Kemalawaty Teknologi Pengolahan Hasil Ternak, Politeknik indonesia venezuela Author
  • Irhami Agroindustri, Politeknik Indonesia Venezuela Author
  • Yusran Akbar Pengelolaan Perkebunan, Politeknik Indonesia Venezuela Author
  • Elvrida Rosa Agroteknologi, Universitas Abulyatama Author

Keywords:

Buah Kelapa, Tepung Kelapa, Aceh Besar

Abstract

Tepung kelapa (Coconut flour) ialah salah satu jenis bahan makanan dari daging buah kelapa yang diawetkan dan dikurangi kadar lemaknya di bawah kondisi udara sejuk. Pada pembuatan tepung kelapa digunakan buah kelapa yang tua berumur 11 bulan, berdaging tebal, sehingga menghasilkan rendemen yang tinggi dan cita rasa flavour  yang enak. Proses seasoning dengan membiarkan buah kelapa selama 3 – 4 minggu dapat dilakukan untuk menambah ketebalan daging buah, menurunkan kadar air, dan memudahkan pelepasan daging buah dari tempurung kelapa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengolahan buah kelapa menjadi tepung kelapa di Desa Cot Suruy Kabupaten Aceh Besar. Penelitian telah dilaksanakan di laboratorium Politeknik Indonesia Venezuela Kecamatan Cot Suruy Kabupaten Aceh Besar. Alat – alat yang akan digunakan yaitu: Parang, Pemarut Kelapa, Wajan, Pengaduk, Panci/Baskom, Blender, Kompor, dan Ayakan.  Bahan – bahan yang digunakan pada penelitian ini adalah daging Kelapa. Proses pengolahan tepung kelapa menjalani beberapa tahapan, yaitu: pembuatan testa, pencucian/pemotongan, perendaman daging buah kelapa, perebusan daging buah kelapa, penggilingan daging buah kelapa, pengeringan, penyangraian, penghalusan dan pengayakan serta pengemasan. Dari proses tersebut dapat dihasilkan produk tepung kelapa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, R. (2018). Studi Penggunaan Nata De Coco Sebagai Bahan Tambahan Pembuatan Tablet. Jurnal Kesehatan dan Sains Terapan, 4(2), 74-78.

Banne, Y., Kalonio, D. E., & Rindengan, E. R. (2013). Tepung Kelapa Sebagai Desintegrator Dalam Formulasi Tablet. Infokes-Jurnal Ilmu Kesehatan, 8(1), 53-59.

Daulay, A. H., Yusmarini, Y., & Zalfiatri, Y. (2018). Pemanfaatan tepung ubi jalar ungu dan tepung kelapa sebagai bahan pensubstitusi terigu dalam pembuatan mi instan. Sagu, 17(2), 18-27.

Kurniawan, Y., Rostiati, R., & Rahim, A. (2022). Karakteristik Kimia Dan Organoleptik Tepung Ampas Kelapa Dengan Berbagai Metode Pengering. Agrotekbis: E-Jurnal Ilmu Pertanian, 10(3), 175-182.

Kusnadi, J. (2018). Pengawet Alami untuk Makanan. Universitas Brawijaya Press.

Pardamean, M. (2014). Mengelola Kebun dan Pabrik Kelapa Sawit Secara Profesional. Jakarta: Penebar Swadaya.

Santoso, H. (2020). Pengaruh Pemanasan Dan Pengeringan Daging Buah Kelapa Terhadap Asam Lemak Bebas Pada Pembuatan Tepung Kelapa (The Impact Of Heating And Drying Of Coconut Towards Fatty Acid In Coconut Powder Production). Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 4(2), 7.

Sulaiman, I. (2021). Pengemasan dan penyimpanan produk bahan pangan. Syiah Kuala University Press.

Sulistiawati, E., & Santosa, I. (2015). Efisiensi proses basah dan kering pada pembuatan minyak dan tepung kelapa dari buah kelapa segar.

Syuhada, A., & Afandi, D. (2021). Kaji Sistem Pemanasan Bertahap Pada Pengolahan Minyak Kelapa Murni. Jurnal Teknik Mesin, 9(2), 1-6.

Tarigan, Y.T. (2015). Pemanfaatan Tepung Kelapa dalam Pembuatan Mi Kering. Skripsi. Universitas Riau. Pekanbaru.

Yulvianti, M., Ernayati, W., & Tarsono, T. (2015). Pemanfaatan ampas kelapa sebagai bahan baku tepung kelapa tinggi serat dengan metode freeze drying. Jurnal Integrasi Proses, 5(2).

Downloads

Published

2024-01-29

How to Cite

PROSES PENGOLAHAN BUAH KELAPA MENJADI TEPUNG KELAPA DI DESA COT SURUY KABUPATEN ACEH BESAR: PROCESSING OF COCONUT FRUIT INTO COCONUT FLOUR INCOT SURUY VILLAGE, ACEH BESAR DISTRICT. (2024). ROCE : Jurnal Pertanian Terapan, 1(1). https://jurnal.rocewisdomaceh.com/index.php/roce/article/view/12

Similar Articles

1-10 of 13

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)